Panen Bawang Merah


Kembali ke demplot bawang merah, kegiatan pemeliharaan dan penanganan hama dan penyakit dilaksanakan, dan tanaman memasuki fase panen dan melihat kondisi bawang yang semakin hari penyakit menyerang, kami konsultasi dengan pak rusli dan pak hakim untuk melsayakan pemanenan dengan cepat. Umur tanaman 2 bulan 3 hari dan kondisi bawang juga siap panen sehingga kami melsayakan persiapan panen perdana bawang merah.

Segala bentuk persiapan dari pemerintah kota hingga pemerintah desa kami undang dan partisipasi masyarakat setempat sangat membantu, karena untuk pertamakalinya wakil bupati berkunjung ke abbumpungeng maka masyarakat sangat antusias menunggu kedatangan pak wakil bupati..

Kami juga kedatangan turis dari jepang bernama daegu sang, staff dari salah satu perbankan di jepang untuk melsayakan penelitian di makassar dan kebetulan bekerjasama dengan kalla group sehingga daegu dan rombongan menghadiri panen perdana bawang merah di abbumpungeng..

Malam hari sebelum panen perdana keesokan harinya, kami sekeluarga di basecamp mendapat hiburan dari daegu dengan bahasa indonesia yang tidak lancar dan bermuka polos rela dibully oleh kami terutama pak hakim.

Satu hal yang saya banggakan selama proses pertanaman bawang merah, usaha yang berat akan menghasilkan buah yang memuaskan. Cukup membanggakan secara pribadi sejauh ini dapat bertanam bawang merah dengan pengetahuan dan pengalaman yang kurang mampu menangani pertanaman dengan baik walaupun terkendala beberapa permaslahan di proses pembudidayaan. Saya sangat berterima kasih kepada Allah swt atas kesehatan untuk para petani yang terlibat dan teman sarjana pendamping lain yang tetap menjaga semangat dan kekuatan. Itu khayalanku sebelum tidur di malam hari sambil berharap panen perdana esok hari berjalan lancar.


Hari itu tiba, panen bawang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat. Dimulai pukul 08.00 pagi kami menyiapkan segala perlengkapan yang mendukung untuk kegiatan panen perdana dan saya ditugaskan untuk menjadi MC mengarahkan acara panen perdana. Menunggu para undangan dan masyarakat bawang merah siap panen tetap diperhatikan dan menjalankan strategi panen yang direncanakan malam sebelumnya. 

You Might Also Like

0 komentar