Perempuan Korban Industri Kosmetik


Indonesia dengan beragam kebudayaan dan adat-istiadatnya membuat terbentuknya identitas unik dari semua wanita di negara ini. Wanita Indonesia hidup dalam nilai-nilai yang utuh dari dalam diri mereka sendiri untuk menjadi wanita yang menjaga keutuhan keluarga nya dimanapun. Namun hal ini tidak bisa dipungkiri hal ini ada karena mereka hidup dalam identitas yang berpengaruh di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.



Karakter wanita indonesia sendiri mencirikan keramahtamahan dan itu dibentuk dengan kultur yang terbangun sejak lahir di suku masing-masing. Keberagaman hal yang lumrah di kehidupan masyarakat indonesia, terutama bagi gadis yang lahir dan besar di desa yang alami dan tenang. Lingkungan sangat berpengaruh bagi karakter seseorang, terutama untuk kalangan manusia yang bercirikan berambut panjang, kulit sawo matang dan senyum yang indah disetiap tutur katanya. Dan ini bisa menjadi ciri khas seorang manusia yang disebut wanita.

Entah itu perempuan, gadis bahkan wanita sekalipun tidak ada permasalahan iwilayah itu, yang jelas bahwa semakin dekat dan lama kita bersinggungan langsung dengan alam maka efek alam yang diberikan akan terpancar ke sosok manusia anggun ini.

Postur tubuh yang sedang, mata yang berair yang sering menandakan wanita ini sedang sedih, wajah ceria dan tawa lepas adalah karakter anak kecil perempuan yang berdomisili di desa yang hidupnya hanya bergantung pada alam dan hutan belantara. Keindahan alam akan memberikan dampaknya bagi penghuninya yang rela untuk merawat dirinya. 

Deskripsi yang seperti ini kerap dianggap hal yang paling terbelakang dan kampungan, ketika wajah yang polos tidak disolek dengan pewarna muka, melentikkan bulu mata dan memperindah lekukan alis dan bibir. Inilah wanita seutuhnya bagi mereka yang menganggap materi hal yang sangat sempurna, terpikirkah ketika hal ini bisa merusak karakter bangsa khususnya wanita yang djadikan tolak ukur kemajuan suatu bangsa. Wajah yang diubah, postur tubuh yang di perkecil dan berkiblat dengan orang-orang luar yang selalu dibayangkan sejak lahir dengan dunia glamour dijadikan parameter yang disebut kesempurnaan.

Bayangkan, ketika melihat perempuan kecil dengan tawa lepas, rambut yang terurai bebas, dengan keramahan yang dimiliki ini yang bisa dipertahankan dan tidak merusak moral suatu bangsa. Setiap perempuan di dunia ini menginginkan kesempurnaan,
Tetapi, Ketika kecantikan alami wanita Indonesia dipuji di manca negara, justru di negeri sendiri para wanita ingin merubah diri menjadi kebule-bulean. Menjadi parah ketika iklan media kecantikan menjejali kita tentang figur bagaimana menjadi seorang sosok wanita cantik nan sempurna. Lihatlah bagaimana wanita banyak mengasupi diri dari atas kepala sampai kaki dengan produk kecantikan, bahkan ada beberapa kasus para wanita yang mengambil jalan pintas demi mempercantik diri.

Diri yang tidak bisa lagi menerima hidung pesek segera melakukan surgery untuk di pancung. Kulit sawo matang yang sedikit hitam menjadi pemandangan tak sedap buat kita, salonpun menjadi tempat untuk transisi. Rambut hitam dirubah menjadi warna pelangi. Bibir yang sudah baik-baik dipertebal bagaikan orang habis tersengat tawon. Tetapi tahukah kita dari semua diatas yang kita tak suka nyatanya adalah sesuatu hal yang sangat berharga bagi orang lain, bahkan mereka memimpikan ingin terlahir seperti kita.

Tentu saja kita tidak tahu. Kalaupun tahu mengapa banyak wanita yang repot-repot membuat jadwal di agenda untuk pergi ke salon kecantikan setiap minggu? Yang padahal orang di belahan dunia lain berkata tentang kita: “You are so perfect”.
Karakter perempuan bangsa indonesia adalah alami, tenang dan senyum yang khas. Jangan hancurkan dengan produk industri kosmetik yang murahan.

_ k_



You Might Also Like

0 komentar